Permainan Penggalang

Permainan ini merupakan permainan pemecahan sandi yang dibungkus dalam cerita yang menarik. Jenis sandi adalah Steganografi, dimana isi pesan sandi disembunyikan dan tidak nampak terbaca di kertas

Permainan ini bertujuan melatih konsentrasi dan kecerdasan serta kerjasama regu. Serta isi pesan  sandi merupakan penugasan kepada regu terkain pendalaman materi latihan pramuka.

Urutan  pelaksanaan:

  1. Kepada pramuka penggalang/ siaga, diberi kisah tentang seorang raja yang sudah tua,  memberikan wasiat kepada putra putrinya. Wasiat telah ditulis pada beberapa kertas dengan pesan rahasia (tulisan tak terlihat). Kertas tersebut telah disebar di halaman istana. Setiap regu penggalang berperan sebagai keluarga keturunan raja harus mencari surat wasiat tersebut, membaca dan melaksanakan wasiat raja.
  2. Sebeiumnya pembina sudah menyebarkan agak tersebunyi di suatu kebun/ halaman. beberapa lembar kertas yang hanya nampak tertulis kunci sandi yang  berupa gambar air/ hujan/ kolam/ sungai. Dan dalam lembaran kertas tersebut sebenarnya terdapat pesan tersembunyi, yang tidak terlihat.
  3. Pembina memerintahkan kepada semua regu untuk mencari surat wasiat tersebut, di halaman yang sudah disiapkan sebelumnya. Dan setiap regu mencatat dan melaporkan isi  surat tersebut kepada pembina.
  4. Regu berusaha mencari, menemukan dan mengartikan isi pesan surat wasiat rahasia tersebut. Setiap regiu dibatasi hanya satu surat.
  5. Isi pesan sandi dapat berupa tugas terkait materi latihan saat itu.
  6. Apabila regu kesulitan, Pembina mengarahkan cara membaca sandi, misalnya disediakan ember sebagai kolam kerajaan.
  7. Pada akhir waktu yang ditentukan, pembina mengumpulkan pasukan dan mengumumkan regu yang berprestasi atau yang dapat memacahkan sandi. Dan memberukan petunjuk bagi yang belum tahu, tentang cara membaca isi pesan sandi.

 

Peralatan/ Cara membuat pesan tersembunyi:

Kertas surat wasiat, tertulis pesan yang tampak dan tidak nampak. Pesan yang tampak yakni berupa gambar kunci sandi berupa gambar air/ sunga/ hujan/ kolam dsb. yang intinya memberikan petunjuk rahasia bahwa untuk membaca isi pesan sandi, kertas sandi harus dibasahi. Pesan yang tidak nampak ditulis oleh pembuat sandi dengan menggunakan pena dari lilin putih, sehingga kalau kertas dibasahi maka permukaan yang ditulis dengan  pena lilin akan terbaca. Dalam contoh lain dapat menggunakan Hidden Ink atau cairan emulsi (afdruk sablon) yang peka panas/ sinar yang ada di jual di pasaran. Ada yang cara memunculkan tulisannya dengan disinari/ dipanasi dengan api atau matahari. Pesan agar aman dari sinar/ panas dimasukkan amplop. Bila menggunakan cara ini, maka kunci sandi dapat menggunakan i gambar api atau matahari.

 

Cari

Logo Kwarda

  • 1bali.gif
  • 2babel.gif
  • 3banten.gif
  • 4benhkulu.gif
  • 5DKI.gif
  • 6Gorontalo.gif
  • 7jabar.gif
  • 8Jambi.gif
  • 9Jateng.gif
  • 10Jatim.gif
  • 11kalbar.gif
  • 12Kalsel.gif
  • 13kalsel.gif
  • 14Kaltim.gif
  • 15Kepri.gif
  • 16LaMPUNG.gif
  • 17Maluku.gif
  • 18Malukutara.gif
  • 18NAD.gif
  • 19NTB.gif
  • 20NTT.gif
  • 21Papua.gif
  • 22Papuabarat.gif
  • 23Riau.gif
  • 24Sulbar.gif
  • 25Sulsel.gif
  • 26Sulteng.gif
  • 26Sultra.gif
  • 26Sulut.gif
  • 27Sumbar.gif
  • 28Sumsel.gif
  • 29Sumut.gif
  • 30Yogya.gif

Flag Counter

Masuk/ Login

© 2018 Permainan Pramuka All Rights Reserved,Suported by Kwarcab Pramuka Klaten ( pramukaklaten.or.id ), Designed by JoomShaper